KOMINFO, Pinrang — Hujan yang mengguyur beberap wilayah di Sulawesi Selatan membuat air sungai meluap di beberapa lokasi. Salah satunya adalah di Kabupaten Pinrang, khususnya Kecamatan Tiroang. Akibatnya, ratusan hektar sawah di lokasi setempat terendam banjir.

Banjir yang melanda areal persawahan di Tiroang ini memang kerap terjadi saat musim hujan. Ungkap Bupati Pinrang, Irwan Hamid saat memantau genangan air di Kelurahan Pammase, Tiroang, (09/06/2019).

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Kadis Pertanian, Andi Tjalo Kerrang, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Staf Ahli, Kabag Ekonomi, dan Camat Tiroang.

Lebih lanjut Bupati Irwan menjelaskan bahwa sawah yang terendam ini sudah ditanami, umur pertanaman bervariasi. “Berdasarkan pantauan kami, saat ini banjir belum menunjukkan penurunan, jika terjadi hujan terus, kemungkinan air bisa naik. Saya sudah sampaikan dinas terkait untuk mendata luasan banjir, jika pertanaman petani rusak, kita upayakan bantuan benih. Demikian juga untuk BPBD untuk terus memantau disini” ungkap Bupati Irwan.

Banjir di Kabupaten Pinrang ini juga menggenangi beberapa areal persawahan di Kecamatan Patampanua, selain akibat curah hujan yang intensitasnya tinggi, juga ada banjir kiriman daerah aliran sungai (DAS) dari kabupaten tetangga.(*/Distan)

error: Konten Dilindungi!!!