KOMINFO, Pinrang – Bupati pinrang Irwan hamid kembali melibatkan diri dalam kegiatan Gerakan pengendalian (Gerdal) Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) Tikus yang dilaksanakan oleh beberapa Petani yang tergabung dalam kelompok tani di Desa Bunga Kecamatan Mattiro Bulu, Kamis (20/6/2019).

Bupati Irwan hadir didampingi oleh Kepala dinas Pertanian dan Hortikultura A.Tjalo Kerrang dan Kepala IP3OPT Wil. V Pinrang UPT BPTH Provinsi Sulawesi Selatan, Rahman Runa.

Dalam kegiatan ini, Bupati Irwan menghimbau agar gerdal OPT terutama hama Tikus dilakukan secara Bersama dan berkelanjutan untuk mencegah pertanaman padi mengalami kerusakan akibat hewan pengerat ini.

Irwan pun mengharapkan jalinan kerjasama tetap terbangun antar kelompok tani sehingga gerdal OPT seperti yang dilakukan selama ini berjalan efektif dan menghindarkan petani dari kerugian.

“untuk mengantisipasi dampak terhadap produksi pertanian, harus dilaksanakan pengendalian secara bersama dan berkelanjutan, semua harus terlibat”, tegas Irwan.

Bupati Irwan juga berkesempatan untuk menyerahkan hadiah kepada petani yang paling banyak menangkap hewan pengerat ini, dan berharap ini dapat dijadikan penyemangat dalam melakukan gerdal OPT kali ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura A.Tjalo Kerrang menjelaskan, gerakan pengendalian OPT hama tikus itu, untuk mengantisipasi terjadinya menurunnya produksi padi sawah.

Pihaknya berkomitmen, lanjut Tjalo, untuk melakukan gerakan pengendalian OPT itu secara konsisten dengan melibatkan seluruh pihak, terutama kalangan petani dan kelompok tani, termasuk menjalin koordinasi optimal dengan pihak-pihak terkait dalam upaya mendorong peningkatan produksi padi.(*/Distan).

error: Konten Dilindungi!!!