Api Porda Diterima dan Dilepas Di Tempat Bersejarah

KOMINFO, Pinrang — Pelaksanaan Porda ke XVI Sulsel sisa sebulan lebih. Kabupaten Pinrang selaku tuan rumah sudah jauh jauh hari mempersiapkan segala sesuatunya demi kesuksesan even olahraga terakbar se Sulsel ini.

Bupati Pinrang, Aslam Patonangi dalam beberapa kesempatan mengungkapkan kesiapan Pinrang selaku tuan rumah. Untuk itu, Aslam minta pada panitia untuk mempersiapkan sebaik mungkin.

Menindak lanjuti harapan dan keinginan Bupati, Panitia penyelenggara Porda, Rabu (1/8/2018) di Kecamatan Suppa Melakukan persiapan khususnya pada pembukaan Porda nantinya.

Pantia yang meninjau terdiri dari, Kabag Humas, H. Mursen beserta staf, Kasdim, Mayor Bakri dan panitia penyelenggara dari seksi acara.

Pada pembukaan Porda nantinya, salah satu acara seremonial yang cukup penting dan menarik dalam pembukaan adalah pengambilan api Porda yang selanjutnya akan di arak mengelilingi wilayah Kabupaten Pinrang.

Pengambilan api Porda ke XVI kali ini berlokasi di Kecamatan Suppa tepatnya di Sumur Warang Parang yang disakralkan oleh masyarakat setempat. Setelah pengambilan api Porda, kemudian diupacarakan dalam bentuk serah terima dan pelepasan untuk diarak keliling wilayah Kabupaten Pinrang.

Upacara penyerahan api Porda rencana berlokasi di rumah Datu Suppa. Rumah Datu Suppa sengaja dipilih selain dekat dengan lokasi pengambilan api Porda, juga merupakan salah satu cagar budaya bersejarah yang dimiliki Pinrang. (sar*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *