Warga Pammase Bahu Membahu Bersihkan Saluran Dari Material Sampah

KOMINFO, Pinrang – Pemerintah Kelurahan Pammase Kecamatan Tiroang bersama elemen masyarakat bahu membahu membersihkan saluran air yang tersumbat oleh tumpukan sampah di lingkungan Boki, Selasa (9/1).

Dengan menggunakan alat seadanya, Lurah Pammase bersama masyarakat lingkungan boki menarik material sampah berupa ranting, bambu dan akar pohon ke pinggir saluran agar aliran air pada saluran tidak tersumbat.

Lurah Pammase, Hasanuddin yang di temui di sela – sela kegiatan pembersihan ini mengungkapkan bahwa, upaya ini adalah murni kesadaran masyarakat bersama Pemerintah Kelurahan Pammase untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas banjir, karena menurutnya, Material sampah yang menghalangi aliran air di khawatirkan bisa menyebabkan banjir.

Sementara itu, ditempat berbeda, Camat Tiroang A.Muh.Taufiq Arief mengungkapkan bahwa, Kecamatan Tiroang memang dilewati oleh beberapa aliran sungai kecil yang kadang membawa material sampah yang berasal dari saluran induk, dan Taufiq sangat mengapresiasi peran aktif Masyarakat dan Lurah Pammase dalam membersihkan saluran dari tumpukan material sampah.

Taufiq melanjutkan, Kelurahan Pammase dalam bulan ini sudah 2 kali melakukan pembersihan saluran, karena menurutnya intensitas hujan akhir – akhir ini terbilang tinggi dan tumpukan sampah yang menyumbat saluran dikhawatirkan dapat menimbulkan banjir dan merendam areal persawahan warga.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *