Talkshow Bincang – Bincang Bumi Lasinrang Bahas Pembangunan Sektor Keagamaan.

KOMINFO, Pinrang — Dalam bulan Ramadhan, Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Pinrang Bekerjasama dengan Radio Suara Simpati Angkasa, Akwin TV Kabel dan Dinas Komunikasi dan Informatika kembali menggelar Talkshow Bincang- bincang Bumi Lasinrang dengan mengangkat tema pembangunan Sektor Keagamaan.

Ada yang berbeda pada pelaksanaan Talkshow kali ini, talkshow kali ini dilaksanakan di halaman Masjid Agung AL – Munawir Kabupaten Pinrang, Selasa(5/6/2018).

Narasumber yang hadir diantaranya wakil Bupati Pinrang Muh. Darwis Bastama yang Juga merupakan Ketua Dewan Masjid Kabupaten Pinrang, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Pinrang H. Muh. Nur, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pinrang H. Sudirman Daud, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Pinrang KH Yunus Samad, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama(FKUB) Kabupaten Pinrang Sulaeman Thoha, Ketua Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia(BKPRMI) Sulaiman Anshar dan Pelaksana Harian Badan Amil Zakat Nasional(BAZNAS) Kabupaten Pinrang H. Mustari Tohir.

Menurut Kabag Kesra H. Muh. Nur dalam pesan pembuka mengungkapkan bahwa, pembangunan sektor keagamaan di Kabupaten Pinrang tidak hanya bertitik tolak pada pembanguna sektor fisik keagamaan tetapi mecakup beberapa hal, contohnya meningkatkan nilai -nilai keagamaan serta meningkatkan kerukunan antar pemeluk agama yang berbeda, karena menurutnya, Pinrang adalah salah satu daerah yang majemuk yang tudak hanya dihuni oleh pemeluk agama yang sama.

Nur melanjutkan, untuk mendorong terciptanya kerukunan antar umat beragama, Pemerintah Kabupaten Pinrang tidak membedakan antar pemeluk keyakinan meskipun Pinrang mayoritas di huni oleh pemeluk agama Islam.

Nur juga mengungkapkan salah satu program peningkatan nilai keagamaan untuk umat muslim di Kabupaten Pinrang yakni dengan program muballig masuk desa, dimana para muballig disebar ke beberapa desa di daerah terpencil yang belum tersentuh oleh para muballig untuk melakukan pembinaan keagamaan dalam bentuk ceramah.

“Tahun ini adalah tahun ke empat dan respon dari masyarakat sangat baik” ungkapnya.

Selain itu, program peningkatan kwalitas pegawai syar juga tak lepas sari perhatian Pemerintah Kabupaten guna mewujudkan pegawai syara yang profesional dan faham akan fiqih Islam dalam tugasnya sehari – hari.

Sementara itu, Wakil Bupati Pinrang Muh.Darwis Bastama mengungkapkan bahwa Pemabangunan Sektor keagamaan adalah sebuah keharusan oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Pinrang bekerjasama dengan semua komponen dan organisasi keagamaan yang ada di Kabupaten Pinrang sehingga proses pembinaan umat di Kabupaten Pinrang bisa berjalan dengan efektif dengan tujuan peningkatan keimanan dan ketaqwaan.

“Kita bisa merasakan karena adanya kerjasama yang baik dan kecenderungan masyarakat Pinrang dalam menjalankan ibadahnya dengan baik sehingga kita bisa merasakan baik dari segi keamanan sampai kerukunan antar umat beragama yang stabil dan rukun”. Ungkap Darwis.

Darwis meminta kepada masyarakat Pinrang untuk senantiasa menjaga kerukunan antar umat beragama dengan saling menghargai satu sama lain dan menangkal faham – faham yang dapat menyebabkan perpecahan antar pemeluk agama.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *