Public Safety Center 119 Pinrang Kaji Banding ke Bantaeng

KOMINFO, Pinrang – Sebagai salah satu Kabupaten yang tengah gencar – gencarnya memenuhi kebutuhan masyarakatnya akan pelayanan kesehatan yang baik, Pemerintah Kabupaten Pinrang melalui Dinas Kesehatan pada tahun 2017 meluncurkan sistem Public Safety Center 119 yang disingkat PSC 119.

Sistem ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang maksimal dan dapat menjangkau seluruh masyarakat Pinrang.

Untuk mengintesifkan pelayanan PSC 119 di Kabupaten Pinrang, Dinas Kesehatan Pinrang melakukan kaji banding ke Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng yang lebih dulu menerapkan PSC 119 untuk melayani masyarakatnya.

Hari Sabtu (24/3) Tim PSC 119 Pinrang yang di ketuai oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Pinrang dr Ramli Yunus diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng dr Andi Ihsan di Posko induk PSC 119 Bantaeng.

Ketua PSC 119 Pinrang dr.Ramli Yunus mengungkapkan bahwa Kaji Banding ini diharapkan mampu memberikan masukan yang membangun sehingga PSC 119 Pinrang bisa berjalan sesuai harapan dan mampu melayani masyarakat Pinrang dengan maksimal.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng dr Andi Ihsan mengatakan bahwa, PSC 119 adalah gabungan dari berbagai unsur yang bekerja bersama untuk melayani masyarakat apabila terjadi seuatu yang darurat.

Lebih lanjut Ihsan mengungkapkan bahwa PSC 119 teringtegrasi dengan Brigade Siaga Bencana (BSB), Pemadam Kebakaran, Dinas Sosial, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kepolisian Resort, Orari dan Rumah sakit dimana kesemuanya memiliki Armada yang senantiasa siap diterjunkan.

“Suatu penghargaan buat kami, Tim dari Kabupaten Pinrang melakukan Kaji banding ke Kabupaten Bantaeng, bahwa sekedar informasi PSC 119 Kabupaten Bantaeng sudah mendapatkan kunjungan kaji banding kurang lebih 200 kabupaten/ kota”.Ungkap Ihsan.

Sebagai closing statement ketua PSC 119 Pinrang dr. Ramli menyampaikan bahwa Walau sudah berjalan, PSC 119 Pinrang akan melakukan penguatan jaringan meskipun telah menjalin kerjasama dan komunikasi dengan berbagai sektor antara lain anggota pramuka, komunitas motor, Kepolisian khususnya Satuan Lalu Lintas. Meskipun diakuinya bahwa dalam pelaksanaan kegiatannya masih terbatas, termasuk sumber daya, armada ambulans, dan sarana lainnya.

“kami merasa bersyukur diawal berjalannya PSC 119 Pinrang karena adanya sedikit support anggaran dari APBD untuk pengembangan kegiatan PSC dan mudah-mudahan armada ambulans dan markas PSC 119 Pinrang pada tahun 2019 sudah bisa ada“. harap Ramli.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *