PT Midi Utama tbk Buka Laboratorium Retail di SMK 1 Pinrang

KOMINFO, Pinrang — Sebagai salahsatu sekolah kejuruan yang siap mengeluarkan tenaga kerja siap kerja, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pinrang menjalin kerjasama dengan PT Midi Utama tbk dengan membuka sebuah gerai retail Alfamidi di lingkungan SMK Negeri 1 Pinrang sebagai sarana para siswa khususnya yang mempelajari studi perdagangan untuk mempraktekkan apa yang di pelajari di bangku sekolah.

Hal ini ditandai ketika PT Midi Utama Tbk dengan SMK Negeri 1 Pinrang menandatangani MoU sebagai bentuk keseriusan untuk mendirikan Laboratorium Retail sebagai sarana pembelajaran siswa siswi di SMK Negeri 1 Pinrang.

Bupati Pinrang yang diwakili oleh  Staf Ahli Bupati bidang pemerintahan, Hukum dan Politik Hj Bungatang turut hadir pada acara pembukaan gerai mini ini yang ditandai dengan pengguntingan pita.

Selain Bungatang, hadir pula Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi H Fattah, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Sulawesi selatan Wilayah Pinrang Arafah Wadud, Pengawas SMA-SMK Muh.Tahir dan Kepala SMK 1 Pinrang Sakri Condeng.

Gerai Mini sebagai Laboratorium Retail ini adalah yang ke – 7 di Indonesia, dan ke – 3 di Propinsi sulawesi selatan dengan menggandeng beberapa sekolah menengah sebagai partner dalam membina generasi muda yang siap kerja setelah menyelesaikan pendidikannya di jenjang Sekolah Menengah, demikian yang diungkapkan oleh Kepala Cabang Alfamidi Sulselbar, Martadi sesaat setelah pembukaan Laboratorium Retail ini.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati bidang pemerintahan, Hukum dan Politik Hj Bungatang mengungkapkan bahwa, Pada dasarnya, Pemerintah Daerah sangat mendukung upaya – upaya dalam membangun Daerah, terutama pembangunan generasi muda terutama di jenjang sekolah menengah, selain itu, lanjut Bungatang, Laboratorium ini adalah sebagai sarana edukasi bagi para siswa khususnya yang mengambil bidang studi perdagangan untuk bisa mempraktekkan ilmu yang didapat di bangku sekolah.

Program ini juga sudah diakui Kementerian Pendidikan Nasional.  Laboratorium (teaching faktory) sebagai sarana pembelajaran siswa dalam rangka mempersiapkan tenaga kerja siap pakai yang mampu bersaing disamping mempersiapkan enterprenur enterprenur muda siap pakai.

Kepala SMK 1 Pinrang Sakri Condeng, bahwa program pendidikan atas kerjasama Alfamidi akan lebih memperkaya wawasan siswa, diakuinya bahwa kerjasama itu memang dirancang beberapa bulan lalu yang diharapkan memberi nilai tambah dalam program keahlian  pemasaran, adanya kerjasama Alfamidi bukan ditonjolkan materi produk namun yang penting siswa bisa dibekali ilmu agar kelak bisa mandiri.

Hal senada diutarakan Kepala UPTD Pendidikan Wilayah Pinrang Arafah Wadud, bahwa sekolah harus betul betul mengarahkan siswa dengan materi pelajaran yang berbobot dan inovatif, hal itu bisa membuka cakrawala yang lebih luas kepada siswa.(*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *