.: Visi Misi Kabupaten Pinrang

Visi Misi Kabupaten Pinrang


"Terwujudnya Masyarakat Sejahtera Secara Dinamis melalui Harmonisasi Kehidupan, Akselerasi Produktivitas Kawasan, dan Revitalisasi Peran Poros Utama Pemenuhan Pangan Nasional"

 

 

Visi diatas dijabarkan dalam 7 misi:

1. Meningkatkan apresiasi dan pengamalan nilai-nilai keagamaan dan kearifan lokal sebagai nilai utama kemasyarakatan dan pengembangan karakter masyarakat yang tangguh.

 

Misi ini mencakup upaya pokok dalam peningkatan pengamalan agama, pemeliharaan kerukunan beragama, pelestarian keragaman dan kekayaan buda, revitalisasi kearifan lokal, pengembangan karakter pemuda dan remaja, dan pemeliharaan ketertiban dan keamanan masyarakat.

 

2. Memperkokoh toleransi, soliditas dan kohesivitas sosial serta pengembangan nilai-nilai demokrasi.

 

Misi ini mencakup upaya pokok dalam pemeliharaan harmoni sosial, pembinaan kesatuan bangsa, pengembangan kehidupan demokrasi dan proses politik, penguatan gotong-royong dan keberdayaan masyarakat.

 

3. Meningkatkan derajat kesehatan, kualitas pendidikan dan daya saing sumberdaya manusia

 

Misi ini mencakup upaya pokok dalam perbaikan pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, peningkatan daya saing tenaga kerja, pengerahan tenaga terdidik untuk pembangunan pedesaan, pengarusutamaan gender dan pemberdayaan perempuan, kesejahteraan keluarga dan keluarga berencana.

 

4. Meningkatkan kemakmuran ekonomi dan kesejahteraan sosial

Misi ini mencakup upaya pokok dalam peningkatan pendapatan masyarakat dan aparatur pemerintah, pengembangan investasi yang atraktif, penanggulangan kemiskinan, penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial, pembangunan koperasi dan UMKM, pembangunan pertanian, pembangunan peternakan, pembangunan perikanan, dan optimalisasi penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan serta pendampingan fasilitator untuk pemberdayaan masyarakat.

5. Memantapkan tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrasi

Misi ini mencakup upaya pokok dalam pemantapan kualitas sistem dan tata kelola pelayanan publik, pembenahan administrasi pemerintahan dan keuangan, peningkatan kompetensi dan profesionalisme SDM aparatur, perbaikan kesejahteraan SDM aparatur, penataan organisasi dan tata laksana, perbaikan proses dan mekanisme perencanaan, perbaikan pengawasan pembangunan dan peningkatan kapsitas pemerintahan desa dan kecamatan.

 

6. Mengembangkan kawasan andalan dan integrasi pembangunan

Misi ini mencakup upaya pokok dalam meneruskan pembangunan kawasan andalan yakni kawasan agropolitan dan kawasan minapolitan serta kawasan cepat tumbuh dalam suatu kerjasama kawasan dan integrasi pembangunan. Upaya ini diiringi dengan peningkatan skala usaha masyarakat, peningkatan daya saing komoditas dan pengembangan koridor perdagangan komoditas unggulan.

 

7. Mengoptimalkan fungsi infrastruktur dan lingkungan hidup

Misi ini secara garis besar mencakup upaya pokok dalam optimalisasi fungsi infrastruktur perdesaan, pengembangan sarana/prasarana perkotaan dan pemeliharaan daya dukung lingkungan hidup. Secara lebih rinci upaya tersebut mencakup optimalisasi fungsi pelabuhan, jaringan pengairan dan saluran irigasi, jalan tani, jalan antar kecamatan dan antar desa, sarana/prasarana perhubungan, serta upaya pelestarian hutan, penanganan degradasi lahan, pengananan sampah dan limbah, serta penanganan bencana.