KOMINFO, Pinrang – Kabupaten pinrang ternyata tidak berhenti untuk mengembangkan sector Pertanian dan Hortikultura.

Setelah di nobatkan sebagai salahsatu lumbung padi Sulawesi selatan bahkan lumbung pangan nasional, Pinrang saat ini tengah berbenah untuk menjadi sentra tanaman hortikultura.

Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang A.Tjalo Kerrang yang ditemui pada acara tanam perdana bawang merah varietas Philips di Kelompok Tani Binanga Kelurahan Tadokkong Kecamatan Lembang, Jum’at (5/1) mengungkapkan bahwa, Pinrang kedepannya tidak hanya focus pada pertanaman padi saja, tetapi juga pada sentra pertanaman Hortikultura seperti Bawang Merah.

Tjalo kemudian melanjutkan, hal ini sekaligus menampik anggapan bahwa jenis tanah di Pinrang hanya cocok untuk pertanaman padi saja, terbukti bahwa, tanaman Bawang Merah pun bisa tumbuh dengan subur di Pinrang.

Sentra pengembangan tanaman Bawang merah ini terdapat di Kecamatan Lembang dengan luas 1 Hektar, Kecamatan Patampanua dengan luas 3 Hektar dan Kecamatan Cempa dengan luas 1 Hektar.

Dukungan dari Pemerintah kabupaten pun tidak henti – hentinya diberikan kepada para petani bawang, dimulai dari Pemberian bibit secara Cuma – Cuma, pendampingan oleh Penyluh Pertanian Lapangan sampai pada proses perawatan tanaman tidak terlepas dari bimbingan para penyuluh.

Upaya Dinas Pertanian dan Hortikultura Pinrang ini tidak terlepas dari harapan agar kelak Kabupaten Pinrang menjadi daerah pusat pengembangan Hortikultura.(*)

error: Konten Dilindungi!!!