Peringati HKN, Bupati Pinrang Resmikan Rumah Sakit Pratama Bungi

KOMINFO, Pinrang — Bupati Pinrang Aslam Patonangi meresmikan operasional RS Pratama Salam Berdarma yang berlokasi di Bungi Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang Sulsel, sekaligus membuka secara resmi Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 53 tahun 2017, yang dipusatkan di RS yang berada di bagian Utara Bumi Lasinrang tersebut, Selasa (14/11)

Bupati Aslam Patonangi dalam sambutannya mengatakan keberadaan RS Pratama yang kemudian diberi nama Salam Berdarma tersebut merupakan wujud kepedulian pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya yang bermukim di wilayah Utara Kabupaten Pinrang.

Lanjut Bupati dua periode ini, program peningkatan bidang kesehatan sangat penting, karena dalam indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM), sektor ini menjadi salah satu penentu bersama sektor ekonomi dan pendidikan.

Dikatakan Aslam, keberhasilan pembangunan kesehatan bukan pada penyediaan sarana dan prasarana semata, namun kemampuan meningkatkan taraf kesehatan masyarakat menjadi salah satu tujuan pembangunan bidang kesehatan ini,” kurangnya masyarakat yang sakit menjadi tujuan utama pembangunan kesehatan dan itu bisa dicapai dengan upaya promotif preventif,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Aslam Patonangi meresmikan operasional RS Pratama Bungi dan pembukaan Porseni HKN yang ditandai dengan pengguntingan pita dan pelepasan balon.

Sementara itu Direktur RS Pratama Salam Berdarma dr. H. Inwan Ahsan, M.Kes mengungkapkan jika rumah sakit yang dipimpinnya  tersebut menyerap anggaran DAK 2016 sebesar 12 Milyar dan pada Anggaran Perubahan sebesar Rp. 35 Milyar ,” anggaran tersebut untuk pembangunan infrastruktur dan penyediaan alat kesehatan dan biaya operasional RS ini,” ungkapnya. Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Pinrang ini juga mengharapkan bantuan pemerintah Kabupaten Pinrang untuk menempatkan Dokter spesialis agar secepatnya mampu naik ke tipe D.

Peresmian operasional RS Pratama Salam Berdarma dan Pembukaan Porseni HKN ke 53 tingkat Kabupaten Pinrang ini dihadiri oleh Wakil Bupati Muh. Darwis Bastama, ketua DPRD H. Bahran Ja’far, Sekretaris Daerah H. Syarifuddin Side, ketua Tim Penggerak PKK A. Dewiyani Aslam, Kepala Dinas Kesehatan drg. Dyah Puspita Dewi, M.Kes, unsur forkopimda, dan para pimpinan SKPD. Sebelum pelaksanaan acara ini. Sebelum pelaksanaan acara dilakukan arak arakan Penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha yang mengambil Star di Kantor Bupati Pinrang hingga ke kecamatan Lembang   (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *