Peran Aktif Masyarakat Diperlukan Dalam Mengeleminasi DBD

KOMINFO, Pinrang – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang drg. Dyah Puspita Dewi meminta kepada segenap warga Kabupaten Pinrang untuk ikut serta dalam beberapa program untuk mencegah mewabahnya penyakit Demam Berdarah dan Dengue.

Hal ini disampaikan Dyah ketika ditemui di halaman kantor Bupati Pinrang, Jum’at (3/1/2019).

Berbagai upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan dalam rangka mengeleminasi penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedis aegipty ini semata – mata untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dimana penyebaran penyakit ini biasanya terjadi pada musim penghujan.

“beberapa minggu ini, tim dari Dinas Kesehatan melakukan fogging di daerah – daerah endemik, kemarin di Kelurahan Sawitto dan pagi ini di Kelurahan Maccorawalie” ungkap Dyah.

Dyah melanjutkan, pengasapan dilakukan di daerah endemik untuk memutus siklus hidup nyamuk sehingga penyakit DBD dari daerah endemik tidak menyebar ke daerah lainnya.

Selain itu, Dyah juga meminta peran aktif masyarakat untuk ikut melakukan kegiatan Pemberantasan Sarang nyamuk dengan kembali melakukan gerakan 3 M yaitu Menutup, Menguras dan Mengubur benda – benda yang dapat digenangi air tempat nyamuk biasa bersarang dan bertelur.(*/Rayi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *