Arsip-berita 30 November 2017

Pendidikan Formal Harus Sejalan Dengan Pendidikan Keagamaan

KOMINFO, Pinrang — Koneksitas antara Pendidikan formal dengan pendidikan keagamaan sangatlah penting, disamping dalam membina anak usia sekolah dalam perannya sebagai generasi penerus yang harus sadar akan sains dan teknologi tetapi juga tidak terlepas dari kesadaran dirinya sebagai manusia beragama.

Demikian yang disampaikan Bupati Pinrang Aslam Patonangi yang menjadi narasumber utama dalam acara talkshow bertajuk Bincang – bincang Bumi Lasinrang yang dilaksanakan oleh Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Pinrang di Ruang Pusat Informasi dan Pengaduan, Kamis (30/11).

Aslam kemudian melanjutkan bahwa dalam diri anak usia sekolah, memang tidak bisa dihindari ada suatu fase dimana anak ini berada dalam pencarian jati diri, peran dari tenaga pendidik memang vital dalam hal mengendalikan dan mengawasi perubahan perilaku anak usia sekolah ini, terutama pada tingkat SMP dimana anak beranjak pada usia remaja.

Sementara itu, Untuk perkembangan teknologi yang mau tidak mau kita harus dihadapi, Aslam mengingatkan bahwa setiap orang tua haruslah menanamkan sejak dini mengenai pembinaan keagamaan sebagai filter terhadap hal negatif dari perkembangan teknologi, hal ini juga tidak terlepas dari peran tenaga pengajar, dimana mereka memiliki banyak waktu dengan si anak pada waktu jam – jam belajar mengajar.

Diakhir acara, Aslam mengingatkan akan pentingnya peran orang tua, tenaga pengajar dan pihak pemerintah kabupaten dalam memfilter remaja dari dampak negatif pergaulan, Aslam juga mengungkapkan bahwa selain peran tenaga pelajar dan orang tua, ia juga meminta kesiapan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja untuk turun ke sekolah sekolah untuk melakukan pemeriksaan kepada para pelajar.

Senada dengan Aslam, Wakil Bupati Pinrang Darwis Bastama menambahkan bahwa, Pada pembentukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah terbentuk satu OPD yang memiliki nomenklatur Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, OPD inilah yang akan mencover semua kegiatan kegiatan bersifat kepemudaan, selain itu, dana hibah kepada Organisasi Kepemudaan senantiasa di salurkan sebagai bentuk dalam mendukung kegiatan – kegiatan kepemudaan yang positif yang dapat membina para remaja dalam penguatan karakter dan akhlak.

Dalam Talkshow yang mengambil tema Pendidikan dan Keagamaan ini, selain Bupati Pinrang Aslam Patonangi, Wakil Bupati Pinrang Muh.Darwis Bastama, hadir pula Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Pinrang, Ketua BKPRMI Kab. Pinrang, Ketua BAZNAS Kab.Pinrang, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala UPTD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Pinrang.(*)