Arsip-berita 10 November 2017

Pemkab Pinrang dan Banyuwangi Sepakati Kerjasama Pengembangan Potensi Daerah

KOMINFO, Banyuwangi — Setelah beberapa waktu lalu menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung dan Pemerintah Kota Tangerang, Pemerintah Kabupaten Pinrang kembali memastikan Kerjasama pengembangan potensi Daerah khususnya pengembangan e-government dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

Bupati Pinrang Aslam Patonangi selepas menerima penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha langsung menuju Kabupaten Banyuwangi untuk melakukan penandatangan Nota Kesepahaman / MoU dengan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Bertempat di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Banyuwangi, Jum’at (10/11).

Dalam MoU ini akan termaktub bahwa kedua belah pihak yakni Pemerintah Kabupaten Pinrang dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi akan bekerjasama dalam pengembangan potensi daerah termasuk pembangunan sektor electronic government.

Dalam sambutannya, Bupati Pinrang Aslam Patonangi mengungkapkan akan mereplikasi aplikasi smart city dari Kabupaten Banyuwangi.

“Inti dari penandatanganan Kesepakatan bersama ini adalah bagaimana kita akan lebih baik lagi dalam hal pelayanan terhadap masyarakat” ungkap Aslam.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap Pemerintah Kabupaten Pinrang karena memilih Banyuwangi dalam pengembangan potensi daerah.

Menurut Bupati Abdullah Azwar Anas, potensi yang tengah di galakkan Kabupaten Banyuwangi adalah sektor Pariwisata dan tentunya tidak mengesampingkan unsur penerapan teknologi informasi, menurutnya, semua potensi akan senantiasa di beri ruang dalam pembangunan daerah, termasuk pembangunan beberapa aplikasi smart city yang dibangun tanpa melibatkan unsur swasta atau pihak ketiga.

“Beberapa aplikasi kami bangun dan kembangkan sendiri, sehingga mengurangi ketergantungan terhadap pihak ketiga” ungkap Azwar.

Pemerintah Kabupaten Pinrang sejak awal tahun 2017 memang tengah membangun sistem e-government dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakatnya, Pemerintah Kota Bandung dan Tangerang telah dipilih sebagai acuan dalam pembangunan sistem ini, selain itu, dengan ditanda tangani nya MoU dengan Kabupaten Banyuwangi ini, akan melengkapi acuan Kabupaten Pinrang guna pembangunan sistem electronic government di Kabupaten penerima penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha ini.(*)