Pemerintah Kanada Sepakat Kembangkan Kawasan Lowita

KOMINFO, Pinrang – Pihak Pemerintah Kanada akhirnya menunjukkan keseriusan untuk mengembangkan kawasan Minapolitan yang ada di Kabupaten Pinrang.

Kawasan Lowita yang terletak di Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang menjadi Pilihan berdasarkan hasil kesepakatan dan usulan dari Pemerintah Kabupaten Pinrang.

Disaksikan oleh Pihak Bappenas RI, Pemerintah Kanada dan Pemerintah Kabupaten Pinrang yang diwakili oleh Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Idris Mallawi, melakukan penandatanganan kesepakatan untuk mengembangkan kawasan minapolitan Lowita.

Penandatanganan kesepakatan ini dilakukan di hotel Pullman Jakarta, Selasa (20/3) dan dihadiri oleh 5 Kabupaten selain Kabupaten Pinrang yang juga melakukan kesepakatan untuk pengembangan daerahnya.

Seperti diketahui, Minapolitan adalah konsepsi pembangunan ekonomi kelautan dan perikanan berbasis kawasan berdasarkan prinsip-prinsip terintegrasi, efisiensi, berkualitas dan percepatan. Olehnya itu, kawasan Lowita kecamatan Suppa dianggap pilihan yang tepat.

Idris dalam kesempatan itu meyakini kerjasama ini akan menguntungkan kedua pihak, terutama masyarakat di sekitar Lowita kecamatan Suppa.

Idris melanjutkan, masyarakat sekitar kawasan Lowita akan dilibatkan mulai dari tahap produksi sampai tahap pemasaran sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pengembangan Kawasan Minapolitan Lowita rencananya akan berbasis kawasan pariwisata, yang mempunyai banyak keuntungan dan dapat menyerap banyak tenaga kerja serta menghidupkan beberapa sektor usaha.(sar*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *