Kapolres Pinrang Pimpin Upacara Bela Negara

KOMINFO, pinrang — Kapolres Pinrang AKBP Adhi Purboyo memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Bela Negara, Selasa (19/12) di Halaman Kantor Bupati Pinrang. Selain dihadiri Wakil Bupati Muh. Darwis Bastama, tampak Plt Sekda Islamuddin beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah tingkat kabupaten/kota (Forkopimda).

Peringatan ini menjadi pengingat dari deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia di Sumatera Barat pada 19 Desember 1948 Kapolres membacakan sambutan seragam Presiden Republik Indonesia di mana isinya mengingatkan mengenai upaya melawan ancaman kemiskinan, keterbelakangan, dan ketertinggalan adalah bagian dari upaya bela negara.

Negara akan menjadi kokoh dan besar ketika bisa memberikan kemakmuran dan kesejahteraan bersama.  Selain itu ancaman kedaulatan muncul dari tindak pidana kejahatan luar biasa, yakni korupsi di mana pungli termasuk di dalamnya.

Di bagian lain sambutan dikatakan, kesadaran bela negara sangat penting untuk ditanamkan sebagai landasan sikap dan perilaku Bangsa Indonesia, hal itu merupakan bentuk revolusi mental sebagai untuk membangun daya tangkal bangsa dalam menghadapi kompleksitas dinamika ancaman sekaligus untuk mewujudkan ketahanan nasional.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *