Kades Wiringtasi Berdayakan Masyarakat Melalui Rumah Bambu Pintar

KOMINFO, Pinrang — Rumah Bambu Pintar (RBP) yang terletak di Desa Wiringtasi Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang, Sejak didirakan pada Pertengahan Bulan Januari 2017 telah menjadi sarana bagi warga Desa Wiringtasi untuk melakukan berbagai kegiatan.

Kepala Desa Wiringtasi Andi Dewiyanti yang ditemui, Senin (16/10) mengungkapkan bahwa RBP ini adalah murni swadaya masyarakat dan Perangkat desa guna memberikan edukasi kepada warga desa Wiringtasi.

Lebih lanjut Dewiyanti  mengungkapkan bahwa ada beberapa kegiatan yang bersifat edukasi dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan saban hari di RBP ini, diantaranya Pelatihan penggunaan Komputer, Kursus bahasa inggeris, kerajinan tangan, Kuliner, pariwisata dan juga pemanfaatan pekarangan rumah.

“Semua kegiatan edkuasi dan pemberdayaan masyarakat semua kami laksanakan dengan tidak memungut biaya alias gratis” terang Dewiyanti .

RBP ini juga sering mendapat kunjungan baik dari pemerintah Daerah sendiri, pihak kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Otonomi Daerah bahkan dari pihak UNICEF yang merupakan bagian dari PBB yang bergerak dalam bidang kesejahteraan anak – anak di seluruh dunia.

Untuk fasilitas, RBP menyediakan 2 buah komputer untuk pelatihan penggunaan komputer sedangkan pada saat penyelenggaraaan pelatihan untuk peserta yang memiliki laptop bisa di fungsikan sedangkan untuk yang tidak memiliki laptop bisa menggunakan laptop milik penyelenggara pelatihan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *