Jurusan Perhotelan SMKN 2 Pinrang Didik Siswa Siap Kerja

KOMINFO,Pinrang — Kreatifitas dalam dunia pendidikan sangat dibutuhkan, terutama untuk menghasilkan peserta didik yang cerdas dan siap kerja, sehingga esensi dari pendidikan itu sendiri bisa sesuai dengan ekspektasi orang tua peserta didik.

Pemerintah Kabupaten Pinrang melalui Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Pinrang adalah salah satu contoh kreatifitas para pendidik dalam menghasilkan peserta didik yang siap kerja.

Jurusan Perhotelan SMKN 2 Pinrang sejak 2 tahun lalu membangun sebuah sarana praktek pembelajaran di lingkungan sekolah mereka.

Lahan seluas 17 x 9 M² mereka sulap menjadi sebuah bangunan layaknya hotel bintang 3 untuk mereka gunakan untuk memberikan pelatihan pengelolaan hotel bagi siswa siswi mereka yang mengambil program studi perhotelan.

Menurut Jumadi Gampang koordinator siswa jurusan perhotelan yang ditemui Senin (11/12) mengungkapkan bahwa, Bangunan ini memiliki 4 buah kamar dan 1 meeting room beekapasitas 50 – 100 orang dan sejak diresmikan sudah sering digunakan untuk berbagai macam acara.
Kamar hotel pun mereka sediakan untuk disewakan dengan harga cukup terjangkau.

Jumadi kemudian melanjutkan, mereka juga telah mengikat kerja sama dengan beberapa hotel besar di Makassar, guna menyalurkan tenaga kerja siap pakai kelak ketika siswa siswi mereka telah selesai menempuh jalur pendidikannya.

Dari Jumlah siswa yang tamat tiap tahun rata – rata telah siap untuk kerja. “80% rata – rata kerja, 15% melanjutkan ke bangku kuliah dan sisanya tidak melanjutkan pendidikan”. ungkap Jumadi.

Sistem Pendidikan mereka juga tidak biasa, dimana 1 minggu di kelas untuk mendapatkan pelajaran umum dan 1 minggu untuk melakukan praktek langsung jurusan perhotelan di hotel mini mereka.

Siswa siswi yang tamat dari jurusan perhotelan SMKN 2 ini diakui telah siap kerja, sehingga setelah selesai berbagai hotel berbintang telah siap menampung mereka sebagai karyawannya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *