Jamin Ketersediaan Air, Dinas PSDA Pinrang Lakukan Perbaikan Saluran

KOMINFO, Pinrang — Upaya untuk meningkatkan produksi pertanian terutama padi di Kabipaten Pinrang dilakukan dengan berbagai upaya.

Selain upaya yang dilakukan oleh Dinas Pertanian dan Hortikultura, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) juga melakukan berbagai upaya agar kebutuhan irigasi bagi para petani dapat terpenuhi.

Selain melakukan pembangunan saluran, upaya yang lain yaitu perbaikan saluran irigasi senantiasa dilakukan guna menjamin ketersediaan air pada areal sawah para petani di 12 Kecamatan.

Jum’at (20/7/2018) Dinas PSDA melakukan perbaikan saluran irigasi di Langnga Kecamatan Mattiro Sompe.

Pelaksana tugas Kepala Dinas PSDA Kabupaten Pinrang Jenal Jabir yang ditemui mengungkapkan bahwa, selain perbaikan pada saluran ruas 8 dan 9 yang mengalami kebocoran akibat tanggul yang mengalami longsor, Pihaknya juga melakukan pembersihan di saluran pembuangan Jampue yang tersumbat akibat onggokan sampah berupa material kayu.

Jenal melanjutkan, selain pihaknya, para petani yang tergabung dalam beberapa kelompok tani juga ikut membantu dalam melakukan perbaikan tanggul dan pembersihan saluran.

“Alhamdulillah, keterlibatan petani untuk sama – sama menjaga saluran irigasi adalah hal yang sangat membantu tugas kami dalam menjamin ketersediaan air bagi petani” tutupnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *