Ideologi Pancasila Yang Menyatukan Berbagai Perbedaan

KOMINFO, Pinrang – Pemerintah Kabupaten Pinrang bersama unsur TNI – POLRI menggelar upacara peringatan hari lahir Pancasila di halaman kantor Bupati Pinrang, Jumát (1/6).

Upacara yang dihadiri oleh berbagai unsur, mulai dari Aparatur Sipil Negara Lingkup Kabupaten Pinrang, TNI, POLRI dan siswa dan siswi dari berbagai Sekolah di Kabupaten Pinrang digelar dengan penuh khidmat.

Presiden Republik Indonesia dalam sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Pinrang selaku pembina upacara kembali mengingatkan untuk senantiasa menjaga nilai luhur Pancasila, karena Pancasila adalah dasar yang menyatukan Bangsa Indonesia dari sekian banyak suku, golongan dan agama.

Presiden Republik Indonesia juga mengingatkan bahwa saat ini kebhinekaan bangsa Indonesia sedang di uji dengan berbagai ronrongan untuk menggantikan ideologi Pancasila, olehnya itu kita semua harus waspada.

“Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri. Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan.”ungkapnya.

Peringatan Hari lahir Pancasila ini ditetapkan sebagai hari libur nasional berdasarkan surat keputusan presiden Republik Indonesia Nomor : 24 Tahun 2016 tertanggal 1 juni 2016 dan mulai diperingati sejak tanggal 1 Juni tahun 2017.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *