Hebat, Beras Organik Pinrang Tembus Pasar Nasional

KOMINFO, Pinrang –Produksi Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang memasuki babak baru, dimana hasil produksi pertanian berupa beras organik berhasil menembus pasar nasional dan dipasarkan melalui gerai swalayan dan supermarket.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan Distanhorti Pinrang, Hj. Dahariah, M.Si yang ditemui Kamis (1/3).

Dahariah mengungkapkan, proses produksi beras organik oleh kelompok tani ini menggunakan pupuk kompos atau organik serta pupuk biohayati dan untuk penanganan hama para petani menggunakan pestisida alami hasil olahan dari dedaunan dan fermentasi buah secara alami.

“Beras ini 100 persen tidak mengunakan pestisida kimia, mulai dari awal penanaman hingga proses pengolahan menjadi beras yang siap di konsumsi” ungkap Hj. Dahariah.

Ditempat berbeda, Kasi Perizinan, Pembiayaan dan Investasi Bidang Penyuluhan dan Agribisnis, Hj. Yuliati, S.Pi., M.Agr mengatakan bahwa hasil produksi pertanian dari Kabupaten Pinrang yang menembus pasar nasional ada 4 produk, yakni, beras organik varietas lagading kemasan 2 kg dan 5 kg, beras organik merah varietas pare jagong kemasan 2 kg, beras organik varietas tau pulu padang kemasan 1 kg, dan beras organik varietas pulu bolong kemasan 1 kg.

Yuliati melanjutkan dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh pihaknya, baik itu dengan mengikuti berbagai even pameran, hasil produksi pertanian organik dari Kabupaten pinrang akhirnya dilirik oleh pihak investor.

Salah satunya adalah pihak Gelael yang telah melakukan penandatangan kontrak untuk memasarkan produksi pertanian oerganik dari Pinrang, selain itu permintaan dari pihak Alfamart, Indomaret dan Lottemart juga sudah masuk dan mereka juga menunjukkan antusiasnya untuk ikut memasarkan produk pertanian organik dari Kabupaten Pinrang.

“Ini merupakan output yang nyata dari kegiatan pengembangan pertanian yang kami upayakan selama ini” ungkap Yuliati.

Sementara itu, manajer Gelael Signature Sampran, SE yang dikonfirmasi terpisah mengungkapkan bahwa, produk pertanian organik dari Kabupaten Pinrang akan kami sebar di seluruh cabang Gelael di Indonesia. sekarang sudah terjalin kontrak, semoga stock terus tersedia sesuai kebutuhan kami, dan ini akan kami pasarkan di seluruh Indonesia” tutup Sampran.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *