Gateball Primadona Baru Olahraga di Pinrang

KOMINFO, Pinrang — Jenis Olahraga baru Kini akan Mulai di sosialisasikan di Kabupaten Pinrang.

Setelah mensosialisasikan Olahraga Softball, kini Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Paspor) akan kembali mensosialisasikan Olahraga Gateball.

Olahraga yang pertama kali di kenal di negara Jepang ini merupakan olahraga yang bisa dimainkan oleh Semua Kelompok umur.

menurut Kepala Dinas Paspor H. Aswadi Haruna di sela -sela Ujicoba Olahraga ini mengungkapkan optimismenya terhadap jenis Olahraga Gateball ini, Karena menurutnya olahraga Gateball ini tidak mengharuskan dimainkan di lapangan khusus dan luas.

” Olahraga ini akan cepat di kenal, Karena dapat dimainkan oleh semua usia” ungkapnya.

Olahraga ini dimainkan oleh 10 orang, masing masing tim berjumlah 5 orang dan dimainkan di lapangan dengan ukuran hanya 15 x 20 meter persegi.

Lebih lanjut Aswadi mengungkapkan bahwa cabang olahraga ini pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2018 akan ikut dipertandingkan secara eksebisi dan pada Porda 2022 akan ikut serta dipertandingkan untuk perolehan medali.

Untuk memantapkan sosialisasi terhadap olahraga Gateball ini, Dinas Paspor telah melantik pengurus cabang olahraga ini disaksikan pengurus Persatuan Olahraga Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) Sulawesi selatan.

Terpilih selaku ketua Pergatsi Pinrang adalah Andi Aidil dan sekretaris di jabat oleh Ferdy.

Pelantikan Pengurus Pergatsi Pinrang ini sendiri dilakukan di Aula Kantor Dinas Paspor, Rabu (6/6/2018).

Pembentukan pengurus ini diharapkan mampu untuk mengembangkan dan mensosialisasikan olahraga Gateball di Pinrang, dan diharapkan mampu menumbuhkan atlet – atlet gateball dari kalangan remaja untuk ikut serta dalam cabang olahraga gateball pada Porda tahun 2022 mendatang.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *