KOMINFO, Pinrang – Menjadi garda terdepan dalam pelayan kesehatan dan kegawat daruratan menjadikan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) harus sadar terkait tindakan yang dilakukan guna menyelamatkan nyawa pasien sebelum diambil tindakan yang lebih jauh.

Menjawab hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang menggelar pelatihan Basic Life Support (BSL) kepada personil Puskesmas untuk memberikan pengetahuan terkait apa yang seharusnya dilakukan kepada pasien jika terjadi kondisi yang mengancam nyawa.

Kegiatan ini dilakukan di Puskesmas Sulili Kecamatan Paleteang, Selasa (29/1/2019) degan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidang BLS Ruslan S.Kep Ners dan dihadiri oleh tenaga medis lingkup Puskesmas Sulili.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang drg Dyah Puspita Dewi yang hadir untuk membuka kegiatan ini mengungkapkan, bahwa setiap Staf medis maupun non medis dari puskesmas harus mengerti dasar – dasar tindakan yang harus diberikan pada pasien yang membutuhkan pertolongan dimanapun tempatnya.

“Hal ini saya rasa perlu di ketahui oleh setiap staf puskesmas, karena mereka adalah ujung tombak pelayanan kesehatan” ungkapnya.

Dyah melanjutkan, karena kegiatan ini sangat penting, maka kegiatan ini akan diagendakan selama 2 hari dan akan digelar diseluruh Puskesmas yang ada di Pinrang.(*/Rayi)