Dinkes Pinrang Buka Posko Medical Center Jelang Pelaksanaan Porda

KOMINFO, Pinrang —  Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang yang Masuk dalam kepanitiaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) tingkat Sulawesi selatan ke 16 tahun 2018 mengkau telah melakukan persiapan jauh hari sebelum even ini dimulai.

Ditemui di Posko Medical Center Porda, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang drg. Dyah Puspita Dewi mengungkapkan bahwa, personil Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang yang terdiri dari Gabungan Puskesmas dan 2 rumah sakit mengaku telah siap menjalankan tugas.

“Posko ini telah siap dimulai hari ini sampai H plus 1 pelaksanaan Porda” ungkap Dyah.

Selain dilengkapi dengan 2 Tempat tidur, Posko ini juga dilengkapi dengan peralatan kegawatdaruratan yang bisa digunakan untuk penanganan sementara, namun apabila dibutuhkan, 2 rumah sakit yakni Rumah sakit Umum Lasinrang dan Rumah Sakit Pratama Bungi bisa digunakan sebagai tempat rujukan.

Dyah melanjutkan, selain Posko Utama Medical Center yang terletak di Lantai Dasar Masjid Al – Munawwir, di setiap Venue Cabang Olahraga juga disiapkan Posko yang bisa digunakan sebagai tempat penanganan awal jika ada atlet dari Kontingen Kabupaten / kota yang mengalami kondisi kesehatan terganggu ataupun kondisi kegawatdaruratan.

Posko di setiap Venue Cabor dilengkapi dengan 1 orang dokter dan tenaga paramedis serta dilengkapi dengan 1 tabung oksigen dan satu unit Ambulance yang bisa dioperasionalkan setiap saat.

Total,  Dyah melanjutkan, Pihaknya menyiapkan 134 personil gabungan dari Puskesmas, Personil Public Safety Center (PSC) 119 Pinrang dan Personil Palang Merah Indonesia (PMI) yang setiap saat bisa diterjunkan jika ada yang membutuhkan penanganan medis.(*/Rayi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *