Dinas Pertanian dan Hortikultura Pinrang Gelar Pasar Tani di Kawasan Car Free Day

KOMINFO, Pinrang — Ada yang menarik disetiap hari Minggu saat Car Free Day di Lasinrang Park, di sebelah selatan terlihat stand yang dipenuhi sayur mayur segar. 

Itu adalah Pasar Tani yang digelar Dinas Pertanian dan Hortikultura (Distanhorti) Kabupaten Pinrang.

Kepala Distanhorti Pinrang A. Tjalo Kerrang melalui Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura Hj Eriyanti yang ditemui, Minggu (26/11/2017) mengatakan jika Kegiatan ini merupakan yang keenam kalinya dilaksanakan dengan perkembangan jumlah komoditi yang dipasarkan yang terus meningkat.

“kegiatan ini, diharapkan menjadi jembatan penghubung antara petani produsen dengan konsumen, dimana kelompok tani dapat langsung berinteraksi dengan pembeli, dan pembeli dapat menikmati sayuran yang segar dari petani” ungkapnya.

Lanjut dia pemasaran sayuran ini tidak selamanya melalui rantai distribusi yang panjang sehingga petani dapat menikmati harga jual yang lebih baik’ “Melalui Pasar Tani di CFD Lasinrang Park ini, hasil-hasil produksi pertanian unggulan Pinrang bisa tersosialisasi , sehingga produk lokal akan semakin disukai masyarakat,”terangnya.

Hasil pertanian yang dijajakan di stand Pasar Tani tersebut terdiri dari aneka sayuran, cabe, beras, bawang, buah-buahan, yang semuanya hasil binaan Dinas Pertanian dan Hortikultura Pinrang, “rencananya, kegiatan ini akan digelar juga pada setiap hari jumat di pelataran Distanhorti Pinrang, jadi kami juga sosialisasikan kepada pengunjung mengenai perubahan jadwal dan lokasi kegiatan” terang Hj. Eri.

Sementara Suardi S, salah seorang pemerhati pertanian di Pinrang mengapresiasi stand Pasar Tani ini, “kegiatan ini patut diapresisasi karena antusias masyarakat yang luar biasa untuk berbelanja sebagai bukti produk pangan  harus tersedia dengan kualitas yang baik dan kuantitas yang memadai”ujarnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *