Arsip-berita 28 November 2017

Dinas Perikanan Pinrang Serahkan Bantuan Excavator

KOMINFO, Pinrang — Masyarakat Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Sipulung Kecamatan Lanrisang, mendapatkan bantuan alat berat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Minggu (26/11).

“Bantuan alat berat excavator merupakan salah satu upaya KKP dalam mendorong peningkatan produksi perikanan,” kata Kepala Dinas Perikanan (DISKAN) Pinrang Ir. Budaya 

Budaya kemudian melanjutkan, alat berat excavator selanjutnya diserahkan kepada Pokdakan Sipulung kecamatan Lanrisang sebagai pengelola yang telah memenuhi persyaratan dan kriteria sesuai petunjuk teknis penyaluran dan pemanfaatan dari KKP.

“Excavator itu nanti dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat untuk pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur kelautan dan perikanan seperti tambak, saluran tambak, serta kolam dengan harga terjangkau,” katanya.

Secara teknis, pemanfaatan excavator dapat dilakukan oleh masyarakat atau mereka yang bergerak dibidang budidaya perikanan melalui koperasi yang telah dipercaya pemerintah sebagai pengelola dengan biaya operasional yang disepakati bersama.

“Jadi ada perhitungan untuk biaya perawatan, operator, bahan bakar minyak. Intinya koperasi selaku pengelola tidak rugi, dan masyarakat yang ingin memanfaatkan juga tidak terlalu dibebankan dengan biaya yang besar,” katanya.

Ada beberapa kendala sehingga menyebabkan lahan untuk perikanan budidaya belum tergarap secara maksimal, di antaranya karena masih minimnya sarana dan prasarana usaha budidaya perikanan terutama untuk pengembangan budidaya pertambakan atau kolam.

“Kita berharap dengan adanya bantuan alat berat ini maka usaha pengembangan budidaya perikanan, khususnya untuk tambak dan kolam dapat lebih dimaksimalkan,” katanya. 

Sementara itu Ketua Pokdakan Sipulung H. Sudirman merasa bersyukur karena kelompoknya mendapat bantuan excavator dari Dirjen Perikanan Budidaya KKP

“ Alhamdulilah, setelah kami menyiapkan segala administrasi dan persyaratan yang dibutuhkan dan bantaun dari dinas perikanan pinrang akhirnya kami mendapatkan bantuan excavator untuk pengelolaan tambak yang lebih baik dan peningkatan produksi perikanan “ ungkap H. Sudi.(*)

FotoBy : TaslimDiskan