Dinas Lingkungan Hidup Himbau Masyarakat Ikut Jaga Lingkungan

KOMINFO, Pinrang – Musim penghujan yang di prediksi pada dasarian pertama bulan November membuat Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pinrang mengerahkan personilnya untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadinya genangan air di beberapa ruas jalan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pinrang H. Sudirman yang ditemui Rabu (28/11/2018) mengungkapkan, Personil Petugas Kebersihan telah melakukan upaya semaksimal mungkin untuk mengurangi dampak dari Intensitas hujan yang tinggi sehingga tidak menimbulkan genangan air.

Upaya – upaya tersbut diantaranya dimulai dengan melakukan identifikasi di ruas – ruas jalan yang sering mengalami dampak genangan air, setelah itu, lanjutnya, para petugas akan melaporkan hasil temuan mereka untuk dirapatkan dengan seluruh stake holder untuk kemudian diambil tindakan sesuai dengan tingkat permasalahan yang ditemui dilapangan.

Selama ini, lanjut Sudirman, permasalahan yang paling pokok yang sering dihadapi adalah tersumbatnya drainase oleh tumpukan sampah plastik dan sisa material yang tidak dibersihkan, tumpukan inilah yang menghambat aliran air sehingga menggenangi ruas jalan.

Sudirman menghimbau kepada masyarakat untuk ikut membantu dan sadar akan pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih, karena dampak dari kerusakan lingkungan pastilah akan dialami sendiri oleh masyarakat.

“Petugas kami terbatas, kalau tidak dibantu oleh masyarakat, kami sangat kewalahan dengan luasnya area yang harus kami bersihkan saluran drainasenya” ungkap Sudirman.

Sudirman melanjutkan, Koordinasi dengan Masyarakat, Camat dan Lurah merupakan hal yang penting,karena kesadaran Bersama untuk menciptakan lingkungan yang sehat adalah hal utama yang senantiasa didengungkan demi terwujudnya lingkungan sehat dan bebas genangan. (*/Rayi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *