Dinas Koperasi dan UKM Pinrang Dorong Pertumbuhan Wirausaha Baru

KOMINFO, Pinrang — Konsistensi  meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pengembangan SDM (Sumber Daya Masyarakat) dalam mendongkrak laju pertumbuhan jumlah Wirausaha yang bertujuan menghadirkan lapangan kerja baru  gencar dilakukan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pinrang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pinrang, Drs. A. Hamid Sinapati, M.Si  saat membuka diklat Kewirausahaan  dan Penghargaan Wirausaha /TOF (Training Of Fasilitator di Hotel The M Pinrang, Jumat (27/10).

Dikatakan Hamid, sinergitas dan harmonisasi merupakan salah satu langkah yang selama ini terus tempuh dan dibangun oleh pihaknya dengan melakukan koordinasi dengan berbagai lembaga maupun  stakeholder terkait, baik Pusat maupun di Daerah.

“ Kita terimakasih juga buat Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan tahun ini sudah diapresiasi dengan 200  jumlah peserta TOF, ” ujarnya.

Dijelaskan Hamid, dengan bertambahnya Wirausaha yang mendapat pelatihan khusus mengenai kewirausahaan diyakininya bakal memacu meningkatnya trend positif  terhadap pertumbuhan usaha di Kabupaten Pinrang yang nantinya akan berdampak pada bertambahnya ketersediaan lapangan kerja baru yang akan menaungi para pencari kerja terkhusus didaerah-daerah dalam wilayah Pemerintahan Kabupaten Pinrang.

Diungkapkan Hamid beberapa daerah di Kabupaten Pinrang telah mampu menciptakan produk –produk unggulan, namun pelaku usaha di Bumi Lasinrang masih membutuhkan dukungan stimulus atau rangsangan sehingga pemerataan pertumbuhan usaha di Desa maupun Kelurahan benar terealisasi yang sesuai dengan strategi yang diharapkan yakni one village one product  tersebut benar-benar tercipta.

“ Misalnya di Ammani, daerah wisata pesisir pantai tersebut ada satu Kelompok dimana Pemerintah Kabupaten Pinrang telah memberi pelatihan berupa pelatihan Kerajinan tangan yang terbuat dari gerabah,” ungkapnya.

Dalam sambutannya  Kadiskop & UKM Pinrang berpesan agar peserta yang jumlahnya 100 orang pada gelombang kedua Pelatihan Kewirausahaan ini secara seksama mengikuti segala rangkaian kegiatan yang telah diagendakan oleh panitia hingga akhir dari pelatihan tersebut.

“ Kami mengharapkan supaya didalam pelatihan ini tidak ada yang diganti. Karena setelah keluar dari sini anda akan mendapat sertifikat,  sertifikat ini masih bisa digunakan sebagai kelengkapan dalam membuat proposal untuk mendapat bantuan dana sebagai modal usaha yang diselaraskan dengan aturan dari Pemerintah Pusat,”. Ujarnya.

Mewakili Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. Abdul Aziz, MM Kepala Bidang UPT Balai Diklat Koperasi & UKM , mengatakan bahwa kehadiran Wirausaha merupakan pilar  yang akan  menunjang faktor pertumbuhan ekonomi di Tanah Air terlebih pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang genderangnya telah ditabuh pada tahun 2016 lalu.

“ Pelatihan ini penting, untuk meraih masa depan karena kenapa, siapa yang mengubah Pinrang kalau bukan kita semua, kami hanya sebagai stimulus hanya fasilitasi, bagaimana menghadirkan Pinrang kedepan bisa menjadi jauh lebih baik dan itu ditentukan dengan hadirnya wirausaha-wirausaha muda Terbukti ini momen yang terbaik untuk jadi seorang wirausaha,” ujarnya.

Ditambahkan Aziz bahwa Diklat Kewirausahaan  dan Penghargaan Wirausaha /TOF (Training Of Fasilitator) merupakan hajatan tahunan yang dirancang khusus Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan guna mencetak Wirausaha-wirausaha baru, terutama peruntukkannya bagi Enterprenuer  yang masih dalam kategori usia belia.

“Program ini adalah program andalan Provinsi Sulawesi Selatan untuk menekan angka pengangguran, bayangkan satu pengusaha mengadirkan dua orang karyawan, artinya ada ibadah, ada penguatan, ada bahagia untuk orang lain,” tambahnya.

Hadir pula  dalam kegiatan tersebut Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pinrang Muhammad Sabri Tunggal, SH.,M.Si, Kepala Bidang Koperasi dan UKM Pinrang Arifin Hanafi, S.Pd.,M.Pd. Trainer/Instruktur yang merupakan  kalangan Praktisi dan Akademisi UMKM, Dr. Misbah dan Ali Anwar, dan 3 (tiga) Pendamping UMKM Kabupaten Pinrang, Tamrin Nawawi, Muhammad Akbar, Hilda Mulyono serta ratusan tamu undangan sebagai Peserta Diklat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *