Arsip-berita 11 April 2018

Dinas Ketahanan Pangan Pinrang Dorong Pemanfaatan Pekarangan

KOMINFO, Pinrang – Dalam upaya peningkatan gizi dan pemenuhan pangan di Kabupaten Pinrang, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pinrang melakukan berbagai upaya.

Salah satunya yaitu memberdayakan pekarangan sebagai sumber pangan dan pemenuhan gizi, setidaknya untuk kebutuhan rumah tangga.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pinrang Drs Abdu yang ditemui Rabu (11/4) menjelaskan bahwa, Melalui pemberdayaan Kelompok Wanita Tani, pihaknya mendorong pemanfaatan pekarangan untuk menanam tanaman konsumsi seperti sayuran dan jenis tanaman hortikultura lainnya.

Melalui pemanfaatan pekarangan, lanjutnya, setidaknya rumah tangga dapat mengurangi biaya konsumsi untuk membeli sayuran, bahkan, malalui program Kawasan Rumah Pangan Lestari yang sedang digalakkan ini, mereka dapat mendukung Program Penganekaragaman Konsumsi Pangan sehingga gizi keluarga dapat terpenuhi.

Lebih lanjut abdu mengungkapkan, selain untuk konsumsi sehari hari dalam pemenuhan gizi keluarga, hasil berlimpah dapat pula menambah pendapatan keluarga sehingga selain sehat kelaurga bisa sejahtera dari hasil pemanfaatan pekarangannya.

“Kami terus mendorong pemanfaatan pekarangan dalam rangka pemenuhan ketersediaan pangan selain dari jenis padi – padian”tutup Abdu.(*)