Cegah Rabies, Disnakbun Lakukan Vaksinasi di 12 Kecamatan

KOMINFO, Pinrang — Dinas Peternakan dan Perkebunan (Disnakbun) Kabupaten Pinrang gelar vaksinasi rabies pada beberapa jenis hewan peliharaan khususnya anjing, kucing dan monyet dari tanggal 1 hingga 23 maret 2018 di 12 Kecamatan.

Kepala Seksi Kesehatan Hewan (Keswan) Armun S.Pt saat ditemui disela-sela vaksinasi di wilayah Kecamatan Lanrisang mengatakan, jika vaksinasi rabies ini menyasar rumah-rumah penduduk untuk mencari hewan peliharaan yang bisa terjangkit rabies.

lebih lanjut Armun menjelaskan bahwa kesadaran masyarakat masih sangat dibutuhkan dalam membantu petugas untuk vaksinasi hewan peliharaan mereka,”Alhamdulillah masyarakat sudah menyadari betapa pentingnya hewan peliharaan untuk divaksinasi agar tidak terjangkit penyakit Rabies,”ungkapnya.

Lanjut Dia, ada 20an petugas yang diturunkan yang terbagi dalam 6 tim ke seluruh kecamatan. Hewan yang paling banyak divaksinasi adalah anjing yang sangat rentan dengan penyakit rabies tersebut.

Untuk menghindari penyakit rabies kepada petugas katanya, mereka sudah diberi vaksinasi Anti Rabies (VAR),” kami proteksi petugas dengan memberi VAR agar aman saat melakukan penyuntikan karena terdapat resiko tergigit,”jelasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Keswan, Kesmavet dan Penyuluhan Peternakan drh. Hj. Elvi Martina menjelaskan jika penyakit rabies ini sangat berbahaya bagi manusia.

Untuk itu vaksinasi rabies sangat penting untuk dilakukan agar hewan peliharaan khususnya anjing tidak terpapar penyakit tersebut,”Rabies ini adalah penyakit zoonosis yang bisa menjangkiti manusia dan disebabkan oleh gigitan hewan macam anjing, kucing dan monyet,” tandasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *