BUPATI PINRANG UNGKAP KESIAPAN OPERASI RUMAH SAKIT PRATAMA BUNGI

KOMINFO, Pinrang — Infrastruktur pelayanan kesehatan Rumah Sakit Pratama yang berlokasi di Bungi Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang rencananya akan mulai dioperasikan pada pertengahan Agustus tahun ini, ” Setelah anggaran operasionalnya turun RS Pratama akan mulai dioperasikan, “ungkap Bupati Pinrang Aslam Patonangi saat Publik Hearing tentang Pembangunan Bidang Kesehatan di RS Pratama, Kamis (27/7/2017).

Menurut Aslam kendala yang dihadapi tinggal dana operasional dan tinggal menunggu persetujuan DPRD Kabupaten Pinrang, karena pendukung lainnya mulai dari Infrastuktur berupa Alat Kesehatan, ruang perawatan dengan 50 tempat tidur, UGD dan personil sudah siap, ” kami perkirakan pertengahan Agustus akan dioperasikan begitu dananya turun,” ujarnya.

Sementara dr. Inwan Ahsan, M.Kes Direktur RS Pratama yang ditemui pada acara yang bertajuk Bincang – Bincang Bumi Lasinrang tersebut mengatakan jika berbagai persiapan telah dilakukan untuk operasionalisasi RS ini, salah satunya pelatihan untuk para tenaga medis dalam menghadapi pasien sampai kepada pembenahan sarana pendukung lainnya seperti Kantin, Air Bersih maupun Laundry, “Insyaallah kami sudah siap, tenaga medis semua sudah dilatih untuk memberi pelayanan terbaik saat RS kita beroperasi, ” katanya.

Lanjut Inwan, setelah beroperasi salah satu target yang harus dicapai secepatnya adalah menjadi RS dengan predikat Type D, ” sementara nantinya para pasien yang akan masuk tidak perlu mendapat rujukan dari Puskesmas sampai ditingkatkan ke type D”, jelasnya.

Publik Hearing yang rutin digelar tiap bulan ini berorientasi kepada masukan dan saran masyarakat melalui layanan telepon dan Media sosial, dan disiarkan langsung melalui Radio Susia FM 106,6 MHz, Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Suara Bumi Lasinrang 92,4 FM dan Jaringan TV Kabel yang ada di Kabupaten Pinrang.

Pada Publik Hearing yang dikemas dengan Talkshow ini menghadirkan Bupati Pinrang sebagai Narasumber dan didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Hj. A. Dewiyani Aslam dan beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait diantaranya Kepala Dinas Kesehatan drg. Dyah Puspita Dewi, M.Kes, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dr. Muh. Ridha, M.Kes, Asisten Administrasi Umum Setda Pinrang Drs Bau Sawerigading, Kabag Humas dan Protokol Drs. H. Mursen, M.Si, para Kepala Puskesmas dan Kepala Bidang lingkup Dinkes Pinrang dan perwakilan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Pinrang.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *