Bupati Pinrang Terima Penghargaan Sebagai Kepala Daerah Peduli Energi Baru Terbarukan

KOMINFO, Pinrang – Kabupaten pinrang di bawah kepemimpinan Bupati Aslam Patonangi kembali menorehkan prestasi dengan mendapat penghargaan dari  Hivos dan Yayasan Rumah energi dalam pengembangan Program BIRU (Biogas Rumah).

Penyerahan Penghargaan ini sendiri dilakukan oleh Perwakilan dari Pihak Hivos didampingi oleh Pihak Yayasan Rumah Energi di Makassar, Rabu (4/4), yang diterima langsung oleh Pelaksana Tugas Kepala Bappeda Pinrang Muh.Idris mewakili Bupai Pinrang.

Program BIRU yang di prakarsai oleh Hivos dan YRE ini adalah sebuah program yang diperuntukkan bagi pemberdayaan energi baru dan terbarukan.

Pemerintah Kabupaten pinrang dirasa mampu untuk memberi dukungan terhadap pengembangan energi baru dan terbarukan berupa biogas yang belum banyak dikenal sebagai sumber energi baru pengganti sumber energi konvensional yang selama ini digunakan.

Selain mampu mengurangi ketergantungan terhadap sumber energi konvensional yang selama ini dikenal, pembangunan reaktor biogas juga bernilai ekonomis dan mampu menyerap tenaga kerja.

Dampak positif seperti inilah yang diharapkan mampu dikembangkan oleh daerah sehingga ketergantungan akan sumber energi konvensional dapat dikurangi, terlebih lagi bagi masyarakat pedesaan dimana bahan baku bagi reaktor biogas banyak ditemui.

Di Kabupaten Pinrang sendiri penerapan energi baru dan terbarukan dapat ditemui di beberapa kecamatan, dengan memanfaatkan kotoran ternak, para peternak mengolah limbah sehingga menghasilkan gas yang dipakai sebagai pengganti gas LPG untuk keperluan sehari – hari.(*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *