Bagian Ortala Gelar Pelatihan Aplikasi SAKIP

KOMINFO, Pinrang — Wakil Bupati Pinrang, Muh. Darwis Bastama, SP, Kamis pagi secara resmi membuka Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) di lingkup Pemerintah Kabupaten Pinrang yang digelar oleh Bagian Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Daerah di Aula Kantor Bupati Pinrang.

Kegiatan yang berlangsung selama 1 hari ini diikuti oleh seluruh Sekretaris dan Kasubag Program SKPD yang menangani Laporan Kinerja di Lingkup Pemerintah Kabupaten Pinrang.

Narasumber yang dihadirkan yaitu Kepala Bagian Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur Daerah Kota Bandung, Medi Mahendra, AP, S.Sos, M.Si dan Kepala Sub Bagian SIAK Bagian Organisasi dan Pemberdayaan Aparatur Daerah Kota Bandung, Rahadyan, SE.

Program SAKIP sendiri adalah sebuah aplikasi yang bisa dibuka oleh masyarakat luas untuk melihat rangkaian kegiatan, alat, dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengelompokan usaha, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka penanggungjawaban dan peningkatan instansi pemerintah.

Adanya kegiatan ini dapat menjadi referensi pembelajaran sekaligus sebagai kunci utama dalam meningkatkan kinerja pemerintahan khususnya untuk Pemerintah Kabupaten Pinrang sendiri.

Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah menjadi dasar dari pelaksanaan kegiatan ini yang juga untuk pengembangan Daerah Kabupaten Pinrang.(*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *