.: ARSIP BERITA

DINAS KOPERASI DAN UKM PINRANG GANDENG PEGADAIAN GELAR LITERASI KEUANGAN BAGI PELAKU UMKM DI PINRANG

2017-10-03 / HUMAS

KOMINFO, Pinrang -- Usaha  kecil  menengah  merupakan  usaha  ekonomi  produktif  yang  berdiri  sendiri yang  dilakukan  oleh  orang  perorangan  atau  badan  usaha  yang  bukan  merupakan  anak perusahaan  atau  bukan  cabang  perusahaan  uang  dimiliki  atau  menjadi  bagian  baik  langsung maupun  tidak  langsung  dari  usaha  menengah  atau  usaha  besar  yang  memiliki  kriteria  aset sebesar  lima  puluh  juta  Rupiah  sampai  dengan  sepuluh  milyar  Rupiah. 

Sinergi kementerian untuk meningkatkan ekonomi rakyat melalui inklusi keuangan atas dasar inilah pihak PT. Pegadaian (Persero) area Parepare dan sekitarnya mensosialisasikan solusi keuangan bagi masyarakat.

Sejak berdirinya 1 April 1901 PT. Pegadaian (Persero) dengan setia membantu perekonomian masyarakat dgn berbagai produk yg ditawarkan, demikian disampaikan Deputi Bisnis area Parepare PT. Pegadaian (Persero) Samsul, SE pada acara Literasi Keuangan pelaku UKM se-Kabupaten Pinrang di Aula Kantor Bupati Pinrang, Selasa (03/10).

Turut hadir dalam acara tersebut Kadis Koperasi dan UKM Kabupaten Pinrang  A.Hamid Sinapati, Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Sabri Tunggal, Deputi Bisnis area Parepare PT. Pegadaian (Persero) Samsul, SE dan para pelaku UKM di Kabupaten Pinrang.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Pinrang dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Pinrang dengan PT. Pegadaian (Persero) ini adalah tahap awal sebelum dilaksanakannya Pendidikan Pelatihan ( DIKLAT ) Wirausaha bagi para pelaku UKM.

Untuk tahap ini sudah berjalan selama tiga tahun dan tahun 2017 sudah berjalan 4 tahun akan dilakukan Diklat dengan jumlah peserta sebanyak 200 orang, wajib diikuti oleh Ketua dari kelompok pelaku UKM.

Dan dalam Diklat tersebut para peserta akan dibekali 20 buku sebagai bahan referensi dan pembelajaran dalam meningkatkan wirausahanya.

Hamid Kemudian menambahkan setelah peserta di himbau membuat proposal yg akan dinilai dan diperiksa oleh tim independen setelah dianggap memenuhi syarat akan diberi bantuan sebesar Rp 10 jt bagi kelompok yang layak dan dinyatakan lolos seleksi pemeriksaan oleh Tim Independen tersebut.

Diakhir acara pihak PT. Pendidikan (Persero) membagikan doorprise kepada undangan yang beruntung.(*)